5 Tips Merapikan Dokumen yang Berantakan di Meja Kerja Boxku.id

5 Tips Merapikan Dokumen Kerja yang Berantakan ala Boxku.id

Pernahkah melihat ada tumpukan berkas-berkas dokumen yang menggunung di meja kerja kamu? Jika kamu pernah mengalaminya atau bahkan sering menghadapi berbagai tumpukan di meja kerjamu, artikel ini akan mencoba untuk membantu kamu menemukan solusinya.

Tumpukan dokumen yang ada di meja kerja akan sangat mengganggu aktivitas bekerja. Terumata jika dokumen-dokumen tersebut tidak tertata dengan rapi atau berantakan. Selain mengurangi fleksibilitas dalam bergerak, hal tersebut tentu akan merusak mood kamu dan akhirnya menurunkan semangat untuk bekerja. Jika kamu mengalami masalah tersebut, sekarang saatnya untuk mulai merapikan dokumen di meja kerja kamu.

Berikut ini 5 tips merapikan dokumen di meja kerja kamu

  1. Segera Rapikan setelah Digunakan
    Penumpukan dokumen di ruang kerja, bermula dari kebiasan buruk kita yang tidak segera merapikan kembali setelah dokumen tersebut digunakan. Mulailah membiasakan diri untuk merapikan kembali dokumen di meja kamu setelah digunakan. Tips ini dapat membuat meja kerjamu terlihat lebih rapi dan tidak berantakan.
  2. Simpan Sesuai Prioritas dan Waktu Simpan
    Sortir dokumen di meja kamu berdasarkan tingkat kepentingannya. Tidak semua dokumen dapat disimpan selamanya. Simpanlah yang sekiranya penting dan berdasarkan jangka waktu penyimpanan.
    Misalnya tagihan pembayaran dan surat kontrak dapat disimpan selama beberapa waktu saja selama kontrak berlangsung. Sedangkan dokumen berharga dan bersifat pribadi seperti sertifikat tanah, akte kelahiran dan ijazah, termasuk dokumen yang perlu dijaga dengan baik kepemilikannya dalam waktu yang lama.
  3. Digitalisasi Dokumen
    Merubah dokumen print out ke dalam bentuk digital merupakan langkah yang bijaksana. Terutama dokumen-dokumen yang sangat penting dan bernilai. File digital cenderung lebih praktis dan efektif serta menawarkan kemudahan penyimpanan di komputer kerja Anda.
  4. Hancurkan Dokumen yang sudah Tidak Terpakai
    Sortirlah mana dokumen yang masih penting dan harus disimpan dan mana yang harus dibuang atau sudah tidak terpakai lagi.
    Dokumen yang akan dibuang sebaiknya dihancurkan terlebih dahulu dengan alat penghancur kertas. Terutama untuk kertas bertuliskan nomor identitas, kode sandi, tanda tangan dan data riwayat pribadi. Tujuannya adalah untuk menghindari kemungkinan pencurian identitas.
  5. Simpan dalam Ruang Penyimpanan Khusus
    Kelompokkan dan simpanlah dokumen penting di tempat yang mudah dicari dan khusus diperuntukkan untuk dokumen. Tujuannya adalah jika sewaktu-waktu membutuhkan, kamu dapat dengan mudah mencari dan menemukannya. Jangan lupa beri label pada map yang digunakan sebagai penanda identitas dan kategori dokumen.

Boxku – Layanan Jasa Penyimpanan Minimalis dalam Box Kontainer

Jika kamu terkendala keterbatasan ruang penyimpanan, Boxku bisa menawarkan solusinya. Boxku menyediakan space penyimpanan untuk kebutuhan pribadi dan juga perkantoran. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Alamat Kantor :
Boxku Surabaya (Head Office)
Jalan Raya Waru KM 15,
Aloha, Gedangan – Sidoarjo
Telp. 031 – 8533130
Whatsapp : 0811-347-8181
Email : [email protected]
Instagram : @boxku_surabaya